DIKSIMERDEKA.COM, BADUNG, BALI – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII, Bali-Nusa Tenggara Barat (NTB), memberi bantuan sembako kepada warga yang sehari-harinya bekerja di Terminal Tipe A Mengwi. Mereka ekonominya terdampak pembatasan aktivitas terminal akibat pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-2019) yang merebak sejak beberapa bulan ini.

Mereka adalah puluhan penjaga kios-kios, penjaga loket-loket bus, petugas kebersihan dan yang lainnya, yang ada di Terminal Mengwi, kurang lebih ada sekitar 100 orang/kepala keluarga. Satu-satu persatu menerima sembako yang diserahkan oleh Kepala BPTD XII bersama staf jajarannya

“Seperti kita ketahui akibat Pandemi ini (Covid-19) ini, aktivitas Terminal Tipe A Mengwi dihentikan, tidak ada kedatangan maupun keberangkatan bus AKAP (antar kota antar provinsi) dari terminal Mengwi. Otomatis mereka yang bekerja di sini (Terminal Mengwi) ini jadi terdampak ekonominya,” ujar Kepala BPTD XII, Zulmardi, ATD, MM., ditemui di lokasi, Kamis (30/4).

Baca juga :  Tinjau Warga Serokadan, Gubernur Koster Serahkan Berbagai Paket Bantuan

“Maka terkait kondisi itulah, kepekaan kami tergerak untuk berempati, untuk dapat sedikit meringankan beban dengan memberikan bantuan sembako untuk mereka yang ekonominya bergantung dari aktifitas Terminal Mengwi yang kini terdampak akibat pandemi Covid-19 ini,” paparnya.

Kepala BPTD XII, Zulmardi, ATD, MM., saat menyerahkan sembako kepada salah satu pekerja di Terminal Tipe A Mengwi, Badung.
Kepala BPTD XII Bali-NTB, Zulmardi, ATD, MM.

Fatiah, salah satu petugas loket bus yang ada di Terminal Mengwi mengaku sejak merebaknya Virus Corona ini pendapatannya menurun sangat drastis, terlebih lagi saat ini ada pembatasan aktifitas terminal dan larangan mudik akibat semakin merebaknya wabah virus ini.

“Sekarang sangat sepi mas, karena selama ini kami hidupnya dari penumpang, sekarang gak ada penumpang, ya, jelas mati bener penghasilan kami mas,” ujarnya.

Baca juga :  Sekda Dewa Indra Sambut Baik Pemeriksaan Pendahuluan Atas Penanggulangan Covid-19

“Terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh bapak petugas (BPTD XII), ada untuk kami makan sehari-hari. Harapannya kondisi ini cepat belalu mas, biar kita bisa kembali lagi seperti sebelumnya,” harapnya.

Turut hadir mendampingi Kepala BPTD XII dalam kegiatan tersebut, Kepala Seksi Sarana Prasarana Transportasi Jalan, BPTD XII, Boy Nurdin, SE., pada kesempatan yang sama ia menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Terminal Tipe A Mengwi saja, namun juga akan menyebar di unit-unit lain yang ada di bawah BPTD XII.

Boy Nurdin SE., Kepala Seksi Sarana Prasarana, BPTD Wilayah XII, Bal-NTB.
Boy Nurdin SE., Kepala Seksi Sarana Prasarana, BPTD Wilayah XII, Bali-NTB.

“Karena wilayah kita mencakup Bali-NTB, jadi kita juga akan lakukan hal yang sama di unit-unit kita yang ada di sana. Tidak hanya di Terminal Mengwi saja, kita akan melakukan hal yang sama di unit-unit lainnya, ada terminal, ada pelabuhan penyebrangan, dan ada jembatan timbang juga,” ungkapnya.

Baca juga :  Update Penanggulangan Covid-19 Minggu (9/5): Pertambahan Kasus Sebanyak 103 Orang

“Jadi yang di Terminal Mengwi ini yang pertama kita lakukan, nantinya kita akan lakukan menyebar ke semua unit-unit satuan pelayanan yang ada di BPTD XII, Bali-NTB, ada sebanyak 12 Satpel (Satuan Pelayanan), baik itu terminal maupun penyebrangan,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudik pada lebaran tahun ini, guna meminimalisir penyebaran Covid-19 dan mengajak semua masyarakat bersama-sama memutus mata rantai penyebaran, dengan mematuhi anjuran pemerintah. Turut hadi juga dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Badung, pihak Jasa Raharja, dan jajaran masing-masing. (Nai)