DIKSIMERDEKA.COM, BADUNG, BALI – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali, akan menggelar webinar literasi digital untuk segmen pendidikan di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu (12/6) pagi, pukul 09.00 WITA.

Mengusung tema ”Bikin Tugas Jadi Mudah Bila Cakap Digital”, diskusi online yang akan diikuti siswa dan guru di sejumlah sekolah lewat kegiatan nonton bareng (nobar) itu, rencananya akan menghadirkan tiga narasumber. Mereka adalah Pengawas Sekolah Ahli Madya Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Badung I Gede Joniarta, musisi sekaligus pelaku industri eventRaka Maukar, aktor Krisna Mukti, dan Joan Permana selaku moderator.

”Diskusi virtual akan dibuka dengan keynote speech Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi. Webinar gratis ini juga bisa diikuti dengan cara mengisi linkregistrasi peserta di https://s.id/PendaftaranBalinustra120624. Peserta akan mendapatkan e-sertifikat resmi dari Kemkominfo dan tersedia voucher e-wallet senilai Rp 1.000.000 untuk 10 peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik selama webinar,” tulis Kemkominfo dalam rilis kepada awak media, Selasa (11/6). 

Baca juga :  Yuk, Gabung Webinar di NTB, Bahas Urgensi Bertindak Positif, Kreatif, dan Aman di Internet

Terkait tema webinar, Kemkominfo menjelaskan, teknologi internet mampu menghubungkan satu media elektronik dengan media elektronik lainnya. Selain itu, penggunaan teknologi internet dalam dunia pendidikan kini telah semakin berkembang. Internet banyak digunakan baik oleh siswa dan mahasiswa, sekolah maupun universitas.

”Teknologi internet sebagai salah satu sumber informasi telah mengadopsi

teknologi digital sebagai bagian dari cara dan sistem pembelajaran mereka. Termasuk dalam pembuatan tugas-tugas sekolah,” jelas Kemkominfo dalam rilis.

Kemkominfo menambahkan, kegiatan yang menyasar siswa dan siswi untuk meningkatkan kompetensi literasi digital dalam dunia pendidikan ini, bertujuan memperkenalkan sekaligus mengajarkan dasar-dasar dan cara yang baik memanfaatkan internet dalam proses belajar dan mengajar.

”Kompetensi literasi digital, utamanya kecakapan digital, dapat membantu para siswa dalam proses pengerjaan tugas sekolah, sehingga belajar jadi lebih efektif dan efisien,” imbuh Kemkominfo.

Baca juga :  Gelar Webinar di Badung, Kemkominfo Siap Tularkan ”Jurus” Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

Lewat webinar ini, siswa juga diharapkan memiliki pemahaman terkait literasi digital. Selain itu, webinar juga bertujuan memperkenalkan dan mengajarkan cara kreatif dalam memanfaatkan teknologi digital. 

Beberapa sekolah yang rencananya mengikuti kegiatan nobar, di antaranya SMPN 1, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 6 Mengwi, SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5 Abiansemal, SMPN 1, SMPN 2 Kuta, SMPN 1 Petang, SMPK 2 Harapan, dan SMPN 1 Kuta Selatan.

Untuk diketahui, webinar seperti digelar di Badung ini merupakan bagian dari program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang dihelat Kemkominfo. GNLD digelar sebagai salah satu upaya untuk mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan hingga kelompok masyarakat menuju Indonesia yang #MakinCakapDigital. 

Sampai dengan akhir 2023, program #literasidigitalkominfo yang dimulai sejak 2017 ini tercatat telah diikuti 24,6 juta orang. ”Kegiatan ini diharapkan mampu menaikkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia hingga akhir 2024,” tambah Kemkominfo.

Baca juga :  K3S Denpasar: Cegah Kekerasan Seksual pada Anak

Kecakapan digital menjadi penting, karena – menurut hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) – pengguna internet di Indonesia pada 2024 telah mencapai 221,5 juta jiwa dari total populasi 278,7 juta jiwa penduduk Indonesia.

Survei APJII juga menyebut, tingkat penetrasi internet Indonesia pada 2024 menyentuh angka 79,5 persen. Ada peningkatan 1,4 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya. Tercatat, pada 2018, penetrasi internet Indonesia berada di angka 64,8 persen. ”Kemudian naik secara berurutan menjadi 73,7 persen pada 2020, 77,01 persen pada 2022, dan 78,19 persen pada 2023,” urai Kemkominfo.

Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan yang terkait dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page, dan Kanal YouTube Literasi Digital Kominfo. (*)