DIKSIMERDEKA.COM, DENPASAR, BALI â€“Pengamat Politik Ni Made Ras Amanda Gelgel menyebut feodalisme masyarakat Bali bisa saja membuat kejutan dalam pilkada serentak 2024.

Hal tersebut lantaran secara historis kekuatan Puri di Bali memiliki abdi yang setia, sehingga bukan hal yang mustahil jika kalangan puti dapat menjadi penanganan pada Pilkada serentak mendatang.

Baca juga :  Pengamat: Selain PDIP, Belum ada Partai Punya Calon Ideal di Pilgub Bali

“Bali sendiri punya sejarah siapa yang mencalonkan diri diharapkan memiliki modal sosial seperti keturunan raja di daerahnya. Kekuatan puri di Bali masih kuat, ini yang memungkinkan untuk maju di Pilkada,” sebut Amanda kepada diksimerdeka.com, Rabu (26/6/2024).

Baca juga :  Banyak Bacaleg DPRD Bali BMS, Pengamat: Bentuk Ketidaksiapan

Lebih lanjut Amanda menjelaskan, faktor feodalisme di Bali masih sangat kuat, sehingga memungkinkan keturunan dari raja diusung oleh masyarakat sebagai pemimpin.

“Jadi masih kuat hubungan kekuasaan dan kesetiaan masyarakat pada yang ‘berkuasa’ ini menjadi nilai plus untuk maju sebagai calon di pilkada mendatang,” pungkas Amanda.

Baca juga :  Buleleng Akan Jadi Faktor Penentu Pilgub Bali 2024

Untuk diketahui, saat ini hanya ada bakal calon Bupati Klungkung, yakni Tjokorda Agung Sumara Wisesa yang berasal dari kalangan puri, layak dinantikan apakah pada Pilkada kali ini tokoh puri di tiap Kabupaten/Kota akan turun berlaga di Pilkada 27 November mendatang.

Reporter: Dewa Fathur