DIKSIMERDEKA.COM, BANDAR LAMPUNG, LAMPUNG – Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (DPP Peradah) Lampung menggelar Pelatihan Kepemimpinan Daerah (Pakemda) dan Seminar Umum bertemakan “Milenial Lampung Berkreasi dan Berkarya, Lampung Berjaya” dengan melibatkan pemuda/i Hindu se- Provinsi Lampung 1 – 3 November 2019 di Asrama Haji Lampung.

Kegiatan yang diikuti ratusan peserta juga menghadirkan pembicara Anggota DPR RI I Komang Koheri dan Rektor Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Dr. (Can) Ir. H. Firmansyah YA, M.B.A., M.Sc. Peserta berkesempatan mengenal organisasi Peradah, melatih kreativitas diri, menambah wawasan dan berkunjung ke tempat-tempat industri kreatif di Kota Bandar Lampung yang diharapkan dapat diimplementasikan ke daerah asal.

Ketua DPP Peradah Lampung Ketut Artaye mengatakan Pakemda adalah kegiatan rutin DPP Peradah Lampung. “Kami mengharapkan bagi generasi pemuda Hindu untuk dapat membuka wawasan, dan melatih diri untuk bisa menjadi seorang Pemimpin, terlebih di masa modern sekarang ini pemuda Hindu harus mampu bersaing dan menambah pengetahuan untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas. Sehingga apa yang telah dipelajari dapat dikembangkan ke masing-masing daerah,” ungkap dia alam rilisnya.

Baca juga :  BDDN Gandeng WHDI, Peradah, dan KMHDI Salurkan Susu di Pulau Jawa

Kegiatan dibuka langsung oleh Gubernur Lampung yang diwakili Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Ratna Dewi mengatakan kegiatan Pakemda adalah wahana bagi generasi muda Hindu untuk belajar Organisasi dan Kepemimpinan. “Kegiatan ini adalah momen yang berharga, karena menjadi seorang pemimpin harus memliki banyak wawasan untuk meningkatkan SDM dan pembangunan bangsa,” ucapnya.

Sebelumnya, hari pertama peserta melakukan kunjungan ke lokasi Industri Kreatif diantaranya, Waroeng Kubu Selem dan Kebun Hidroponik. Hari kedua, Seminar Umum dengan pemateri, I Komang Koheri, S.E selaku Anggota DPR RI tentang “Perkuat Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial di Era Disruption” dan Dr. (Can) Ir. H. Firmansyah Y. A., M.BA.,M.Sc selaku Rektor IIB Darmajaya materi tentang “Tantangan dan Peluang Bonus demografi”.

Baca juga :  Jelang Lokasbha PHDI Lampung, Ini Harapan Ketua Peradah Lamteng

Hari terakhir, seluruh peserta dikenalkan dengan ilmu Organisasi, Ilmu Kepemimpinan, Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Agama. Salah seorang peserta, Wayan Agus Bimantara mengatakan kegiatan pakemda sangat luar biasa. “Selama 3 hari kami dilatih dan dikenalkan tentang organisasi dan ilmu kepemimpinan, serta cara memaksimalkan peluang dibidang ekonomi, dan politik. Terlebih di kegiatan ini peserta dari tiap-tiap daerah bisa saling lebih mengenal, dan berdialog dengan tokoh-tokoh yang luar biasa,” ungkapnya.

Baca juga :  Peradah Komit Dukung M. Ryano Panjaitan Sebagai Ketum KNPI

Menurutnya, hal ini menjadi modal untuk membawa generasi pemuda Hindu termotivasi untuk lebih maju lagi. “Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini karena di waktu akhir pekan menjadi bermanfaat,” kata dia.

Pembukaan Pakemda dan Seminar Umum juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradah Indonesia yang diwakili Wakil Ketua Bidang Organisasi I Gusti Ngurah Panji, Ketua PHDI Provinsi Lampung, Ir. I Ketut Pasek, MBA, Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Provinsi Lampung Ratna Dewi, dan Perwakilan Organisasi Kepemudaan Lintas Agama Provinsi Lampung, Organisasi Agama dan Keagamaan Hindu, serta Mahasiswa dari perguruan tinggi se-Lampung. (ricky)