DIKSIMERDEKA.COM, DENPASAR, BALI – Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menerima kunjungan kerja Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon, H. Agus Mulyadi, bertempat di Kawasan Gedung Sewaka Dharma, Lumintang, Selasa (25/06/2024).

Pj Walikota Cirebon, H. Agus Mulyadi mengatakan, kunjungan kerja ini bertujuan untuk mengetahui pola pelayanan publik di Kota Denpasar, untuk selanjutnya dapat dijadikan referensi pengembangan dan juga peningkatan layanan publik di Kota Cirebon.

“Tadi kami berkesempatan berkeliling ke setiap sektor layanan publik yang ada di MPP Sewakha Dharma ini. Kami melihat pelayanan satu atap seperti ini adalah sebuah terobosan baik, dan saya kira ini akan sangat baik untuk dapat kami jadikan referensi di Kota Cirebon,” terangnya.

Baca juga :  Bapenda Denpasar Gandeng LPD Dekatkan Pelayanan Pajak Daerah

“Karena dengan pola pelayanan seperti ini, akan memudahkan masyarakat untuk melakukan pengurusan dokumen ataupun perijinan,” tuturnya.

Pada akhir sesi pertemuan keduanya, juga turut diserahkan cinderamata dan kenang-kenangan khas daerah masing-masing sebagai bentuk apresiasi dan juga jalinan persahabatan.

Sementara itu, pada kesempatan itu, Arya Wibawa menjelaskan keberadaan Mal Pelayanan Publik (MPP) Sewaka Dharma Kota Denpasar, yang didirikan berdasarkan Perwali Nomor 5 Tahun 2018 tentang Mal Pelayanan Publik Sewakadarma telah melayani setidaknya lebih dari 200 jenis layanan.

Baca juga :  Arya Wibawa: 28 Tahun Otoda Telah Berikan Manfaat bagi Daerah

Pelayanan tersebut melibatkan Kementerian/Lembaga, badan layanan, BUMN, BUMD, dan swasta, serta OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

“Kami memiliki beberapa jenis layanan publik, mulai dari Si Taring Dukcapil, Anjungan Dukcapil Mandiri, OSS, Perizinan Online, Sirekom, dan lainnya. Selain itu, ada juga aplikasi layanan publik, absen pegawai dan kinerja, dan inovasi lainnya yang memang difokuskan untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” ungkapnya.

Baca juga :  Wali Koto Denpasar Ucapkan Hari Raya Idul Fitri 1445

Lebih lanjut ia mengatakan Pemkot Denpasar akan terus meningkatkan profesionalisme dan inovasi sehingga optimalisasi pelayanan publik di Kota Denpasar dapat terus tumbuh, dan berlangsung maksimal.

“Kita tentu sangat sepakat bahwa terwujudnya good governance dan optimalisasi pelayanan publik menjadi harapan besar dalam mengelola birokrasi dengan berbagai dinamika tuntutan layanan masyarakat,” kata Wawali Arya Wibawa.

Editor: Agus Pebriana