DIKSIMERDEKA.COM, DENPASAR, BALI – Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Bali, I Dewa Gede Mahendra Putra menyambut baik jalinan kerjasama Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali dengan Grab Indonesia sebagai bentuk nyata pencegahan kekerasan seksual.

Hal ini ia ungkapkan saat menghadiri acara Kick Off Kerjasama Grab dengan Dinas Sosial P3A Prov. Bali bertempat di Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Selasa (28/5/2024).

Dewasa ini katanya, aksi kekerasan seksual bukan hanya terjadi di kehidupan nyata tapi juga melalui dunia maya. Hal ini lah menjadi perhatian Pemprov Bali bekerjasama dan berkomitmen dengan Grab perusahaan teknologi untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pencegahan seksual di antara pengemudi dan pengguna layanan Grab.

Baca juga :  Pemprov Bali Serahkan Bantuan Bagi Korban Gempa Cianjur Jawa Barat 

“Kerjasama ini sangat penting terlebih untuk Kabupaten/Kota di Bali karena tingginya angka kekerasan pada perempuan dan anak yang terjadi di Kabupaten/Kota. Langkah konkrit yang telah dilakukan Pemprov Bali ini adalah bekerjasama dengan perusahaan teknologi seperti Grab ini agar kedepannya teknologi tidak disalahgunakan menjadi hal negatif saja,” ungkapnya.

Ia mengatakan Grab Indonesia telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari banyak orang, dan inisiatif untuk memperkuat perlindungan terhadap pelanggan mereka adalah langkah yang sangat berarti terutama bagi masyarakat Bali.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial P3A Prov. Bali, Luh Ayu Aryani juga menyampaikan harapannya bahwa kedepannya Provinsi Bali akan terus meningkatkan kepedulian untuk pencegahan dan penanganan kekerasan pada perempuan dan anak anak dengan menjalin kerjasama dengan pihak swasta.

Baca juga :  Kunjungi GGF Lampung, Asisten Suarjana Optimis Pertanian Bali Akan Berkembang

“Mari kita bersama-sama menciptakan Provinsi Bali yang bebas dari kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak-anak. Perempuan Berdaya, Anak Terlindungi, Indonesia Maju,” tutup Ayu diakhir wawancara.

Di sisi lain Chief of Public Affairs Grab Indonesia, Tirza Munusamy mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bali atas kolaborasi yang terjalin baik selama ini. Tirza mewakili Grab Indonesia merasa bangga, bahagia dan terhormat bisa menjalin kerjasama yang sebenarnya telah lama terjalin sejak lama dalam berbagai momen.

Baca juga :  Pengembangan Transportasi Kereta Api di Bali Masuki Babak Baru, Banyak Investor Berminat

Hanya saja hari ini merupakan kerjasama pertama yang dilakukan Grab dengan Pemprov Bali secara resmi. Kerjasama ini nantinya akan dilanjutkan dengan kegiatan edukasi meliputi sosialisasi, kampanye, pelatihan berkelanjutan.

Grab Indonesia telah menggunakan teknologi terbaru dalam aplikasi Grab demi melindungi konsumen dengan fitur ‘bagikan perjalanan’, ‘audio protect’ berupa rekaman suara saat menggunakan perjalanan Grab dan aplikasi lainnya yang disesuaikan dengan kearifan lokal Bali.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan dukungan alat tes psikologi dan prasarana rumah aman dari Grab Indonesia kepada Pemerintah Provinsi Bali.

Editor: Agus Pebriana