DIKSIMERDEKA.COM, DENPASAR, BALI – Konstelasi politik pada pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali 2024 nampaknya kian terang, hal tersebut ditandai dengan dideklarasikannya pasangan Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra – Made Muliawan Arya (Mantra-Mulia) oleh partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus partai Nasdem.

Kendati demikian, koalisi yang dimotori Partai Gerindra tersebut jika ditakar menggunakan hasil perolehan suara pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 masih kalah jauh dengan suara PDI Perjuangan.

Dilansir dari data Plano Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali pada Jumat (8/3/24) lalu, partai berlambang banteng moncong putih itu masih tetap perkasa dengan perolehan sebanyak 1.290.884 suara (52.46%).

Baca juga :  Nama Bintang Puspayoga Muncul Jadi Cagub Bali di Diskusi Kartini

Dari jumlah suara tersebut, PDI Perjuangan berhasil mengkonversikan menjadi 5 kursi DPR-RI dari 9 alokasi kursi yang tersedia. Sementara itu, sisa empat kursi diambil oleh Golkar, Gerindra, Nasdem dan Demokrat.

Hal serupa juga terjadi pada perolehan kursi DPRD Provinsi Bali, PDI Perjuangan kembali superior dengan perolehan suara sebesar 1.446.583 (57.18%) atau mendapat sebanyak 32 kursi dari 55 kursi DPRD Provinsi. Dengan perolehan suara ini PDI Perjuangan tetap mengunci kursi Ketua DPRD Bali.

Baca juga :  Baliho SKS Mulai Bertebaran, Made Satria: Itu Aspirasi Masyarakat

Perolehan kursi PDI Perjuangan di DPRD Provinsi Bali berasal dari Kota Denpasar sebanyak 4 kursi, Badung 4 kursi, Tabanan 4 kursi, Jembrana 2 kursi, Buleleng 6 kursi, Bangli 2 kursi, Karangasem 3 kursi, Klungkung 2 kursi, Gianyar 5 kursi.

Sementara, 23 kursi sisanya dimiliki oleh Partai Gerindra 10 kursi, Golkar 7 kursi, Demokrat 3 kursi, Nasdem 2 kursi, dan PSI memperoleh 1 kursi, pada Pemilihan DPRD Provinsi PDI Perjuangan masih perkasa daripada rival-rivalnya.

Terakhir, pada Pemilihan DPRD se-Kabupaten kota di Bali PDI Perjuangan kembali superior dengan mencatatkan 1991 kursi dari 360 kursi yang tersedia di seluruh Kabupaten Kota se-Bali.

Baca juga :  KIM Plus Siap Konsolidasi di Kabupaten Kota, PDI Perjuangan Bali Terancam ?

Adapun rincian Kota Denpasar 22 kursi, Badung 27 kursi, Buleleng 18 kursi, Karangasem 15 kursi, Gianyar 31 kursi, Tabanan 31 kursi, Jembrana 15 kursi, Bangli 20 kursi, Klungkung
12 kursi.

Dengan perolehan suara yang sangat superior itu, nampaknya akan sulit untuk mengalahkan PDI Perjuangan kendati dikeroyok oleh Koalisi raksasa 11 partai politik, hal tersebut menandakan solidnya mesin partai hingga ke akar rumput.

Reporter: Dewa Fathur