Berlangsung Meriah, Wakil Presiden Ma’ruf Amin Tutup PON XX Papua 2021

DIKSIMERDEKA.COM, JAYAPURA, PAPUA – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma’ruf Amin secara resmi menutup penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Wapres memberikan apresiasi setinggi-tinggi terhadap pelaksanaan ajang olahraga terbesar di Tanah Air yang telah berjalan dengan aman, lancar, dan sukses. 

“Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021 secara resmi saya nyatakan ditutup,” kata Wapres Ma’ruf Amin di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Jumat (15/10). 

Wapres yang didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Papua yang telah menjadi tuan rumah yang hangat bagi kontingen dari daerah lain. 

Baca juga :  Wamena Bergejolak! Isu Rasisme Jadi Alasan Terjadinya Demo Berujung Rusuh

“Dua pekan sudah PON XX Papua 2021 terselenggara dan akhirnya kita sampai pada puncaknya pada malam hari ini. Atas nama Bapak Presiden serta segenap jajaran pemerintah, saya menyampaikan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah dan masyarakat Papua,” ujar Wapres.

Baca juga :  Amankan PON XX Papua, Kapolri: Antisipasi Gangguan Kamtibmas Hingga Penguatan Prokes

Lebih lanjut, Wapres menjelaskan sejarah telah mencatatkan pelaksanaan PON XX Papua 2021 adalah ajang olahraga terbesar skala nasional pertama yang diselenggarakan di Bumi Cenderawasih.

“Saya bangga dan terharu atas tekad dan dedikasi tinggi pemerintah dan masyarakat Papua yang bahu membahu menyiapkan PON kali ini. Terima kasih telah menjadi tuan rumah yang hangat. Sampai bertemu di PON berikutnya. Selamat. Salam olahraga,” jelas Wapres. 

Acara penutupan PON Papua berlangsung meriah. Dimulai dari defile bendera dan atlet dari kontingen masing-masing daerah. Lalu penurunan bendera PON yang kemudian Gubernur Papua Lukas Enembe menyerahkan bendera tersebut kepada Ketum KONI Pusat Marciano Norman. 

Baca juga :  Pemerintah Tingkatkan Fasilitas RS Kabupaten Lamongan dan RSUD Biak Numfor Papua

Selanjutnya, Marciano menyerahkan bendera PON kepada Sekda Provinsi Aceh Taqwallah dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi selaku tuan rumah penyelenggaraan PON 2024. Setelah itu, dilakukan pemadaman api PON Papua seterusnya penampilan tarian kebersamaan dan ditutup dengan penampilan artis. (*/sin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button