DIKSIMERDEKA.COM, JEMBRANA, BALI – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Bali, I Made Rentin mengunjungi Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Jembrana dalam rangka upaya mewujudkan visi dan misi Pramuka, Sabtu (6/6). Kunjungam ini merupakan upaya menjaga jalinan silaturahmi dan simakrama yang baik Antara Kwarda dan Kwarcab.

Dengan tetap mengedepankan penerapan social distancing, dalam kunjungan itu juga diserahkan 30 paket bahan pokok kepada masyarakat Jembrana yang belum terjamah banguan pemerintah.

Pada kesempatan tersebut, Made Rentin menyampaikan bahwa Pramuka merupakan bagian integral dari system pendidikan nasional karena didalamnya juga diajarkan budi pekerti, disiplin serta kepemimpinan.

“Jadi Kwarda dan Kwarcab harus saling mendukung dalam upaya untuk menciptakan generasi muda yang tangguh dan mempunyai karakter yang kuat, sehingga nantinya dapat menjadi generasi penerus pembangunan bangsa” ucap I Made Rentin

Baca juga :  Peringati Hari Sumpah Pemuda, Kwarda Bali Hadiri Apel Virtual Kesiapsiagaan Relawan

Made Rentin menegaskan, pihaknya Pramuka Kwarda Bali Four Point Zero (4.0) merupaka tagline Kwarda Bali yang mengarah ke masa depan yang berbasis internet. Kwarda Bali satu tingkat lebih maju dari yang lain

Itu semua tertuang dalam cara penjaringan untuk penerima Bantuan 300 paket bahan pokok, yang akan disalurkan Kwarda Bali kepada masyarakat yang membutuhkan dengan cara mengisi data melalui link bit.ly/bantuankwarda yang sudah mulai dibuka dari tanggal 5 Juni 2020 kemarin. Tujuan penggunaan link secara digital berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) ini, agar bantuan tepat sasaran, terutama bagi warga yang tercecer dari bantuan pemerintah” Kata Rentin

Baca juga :  Rakerda Pramuka Kwarda Bali: Sinergi Membangun Bali dan Peran Serta Hadapi Pandemi

Dalam kunjungan yang baik itu I Made Rentin juga menyerahkan Penghargaan Lencana Dharma Bhakti kepada I Made Kembang Hartawan selaku katua Kwarcab Jembrana, yang di terima oleh Ida Bagus Surya Putra selaku Sekretaris Kwarcab Jembrana.

Ida Bagus Surya Putra selaku Sekretaris Kwarcab Jembrana dalam kesempatan memaklumkan kepada Ketua Kwarda Bali bahwa bapak I Made Kembang Hartawan selaku katua Kwarcab Jembrana tidak dapat berkumpul di tengah acara yang bahagia ini dikarenakan ada tugas dari bapak Bupati.

Ida Bagus Surya Putra melaporkan Kwarcab Jembrana dalam mencegah Covid-19 sudah banyak yang dilakukan relawan Pramuka Peduli Kwarcab Jembrana mulai bagi masker, penyemprotan cairan disinfektan, edukasi masyarakat tentang Covid-19 dan kali ini sedang mengumpulkan data penerima bantuan bahan pokok makanan.

Baca juga :  Rekatkan Komitmen Pengabdian, Kwarda Bali Gelar Upacara Dewa Yadnya

Itu semua sebagai wujud kepedulian Pramuka melalu Desk Relawan Penanganan Covid 19 yang dilaksanakan Kwartir Nasional bersama BNPB Kwarda Bali dan BPBD. ”Dalam aksi ini, juga memberikan dukungan terhadap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coviud 19 Kabupaten Jembrana melalui kegiatan edukasi, pembagian masker ataupun penyemprotan disinfektan.” pungkasnya.

Dalam kunjungan tersebut dihadiri pula oleh Wakil Ketua Usaha Kreatif Inovatif dan Pengembangan Sumberdaya, I Gusti Ayu Diah Yuniti, Sekretaris Kwarda Nyoman Aryawan, Andalan Informatika Rudianto dan Dewan Kerja Daerah (DKD) Bali. (Adv)