DIKSIMERDEKA.COM, DENPASAR, BALI – Pramuka diharapkan ikut berperan aktif sebagai garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19 di Bali, dengan terus mengedukasi masyarakat tentang apa yang harus mereka lakukan dalam upaya menghindari penularan virus.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace)  saat menghadiri acara ‘Pramuka Peduli Covid-19’ yang menggelar kegiatan cuci tangan berhadiah, di Gedung Kwarda Bali di Denpasar, Kamis (7/5).

Acara dirangkaikan dengan penyemprotan disinfektan di kawasan gedung, penyerahan bantuan berupa hand sanitizer dan paket sembako kepada warga yang membutuhkan. 

Baca juga :  Update Penanggulangan Covid-19 Senin (31/5): Pertambahan Kasus Sebanyak 44 Orang

Di sela-sela kegiatan, Wagub Cok Ace menyampaikan, pandemi Covid-19 telah membawa dampak dan mempengaruhi beberapa aspek kehidupan manusia, baik itu di bidang ekonomi, pariwisata maupun sosial dan aspek-aspek lainnya. 

“Banyak warga masyarakat kehilangan matapencaharian dan sumber pendapatan. Jika masalah ini tidak diatasi dengan cepat dan efektif, tentu ke depannya akan menimbulkan masalah-masalah yang baru,” pungkasnya.

Masyarakat harus terus diingatkan untuk mampu melakukan hal-hal yang sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, seperti mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menggunakan  masker, menghindari kerumunan atau berkumpul, dan selalu menjaga jarak antara satu orang dengan yang lainnya, ujar Cok Ace.

Baca juga :  Update Penanggulangan Covid-19 Senin (4/1): Pertambahan Kasus Sebanyak 118 Orang

Terkait adanya relawan ‘Pramuka Peduli Codid-19’ yang saat ini turun ke lapangan, Wagub Cok Ace sangat mengapresiasi karena mereka telah melakukan tugas dengan baik, khususnya dalam mengedukasi masyarakat.

“Hal itu sangat sejalan dengan filosofi dari Pramuka yang dididik untuk peduli dan bisa berperan aktif dalam masyarakat. Peran aktif pramuka diharapkan tidak hanya memberi manfaat bagi diri sendiri, tetapi juga untuk masyarakat luas. Sosialisasikan tentang apa yang menjadi imbauan pemerintah kepada masyarakat kita,” kata Wagub Cok Ace, menekankan.

Baca juga :  Update Penanggulangan Covid-19 Senin (22/2): Pertambahan Kasus Sebanyak 278 Orang

Sementara itu, I Made Rentin yang juga Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali dan Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, menyatakan bahwa kegiatan ‘Pramuka Peduli Covid-19’ antara lain juga diisi dengan kegiatan lomba mencuci tangan berhadiah.

Warga masyarakat yang dinilai tepat dan memenuhi unsur kesehatan dalam mencuci tangah terkait Covid-19, nantinya akan disediakan sejumlah hadiah hiburan, ucapnya, menjelaskan. (*/rky)