DIKSIMERDEKA.COM, DENPASAR, BALI – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggaraeni mengajak masyarakat untuk berperan aktif saat Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) masuk ke lingkungan untuk melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang diselenggarakan pada 24 Juni-25 Juli di Kota Denpasar.

“Saya mengajak masyarakat untuk membantu Pantarlih dalam melaksanakan tugasnya, seperti bersikap pro aktif dan koopratif,” ujarnya saat diwawancarai diksimerdeka.com di Gedung PWI Bali, Sabtu (29/6/2024).

Baca juga :  KPU Denpasar Pastikan Hak Pilih Disabilitas Aman di Pilkada 2024

Lebih lanjut ia menyebut saat masyarakat menerima kunjungan dari Pantarlih diharapkan untuk melengkapi beberapa berkas.

“Seperti Kartu Keluarga dan KTP menjadi berkas yang harus disiapkan, nanti akan ada pencocokan saat melakukan Coklit seperti, mencocokan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP dan Kartu Keluarga akan dilakukan verifikasi oleh Pantarlih,” sambungnya.

Baca juga :  Usulan Tema Debat dari KMHDI dan PMII, KPU Denpasar: Masih Tunggu Juknis

Ia menambahkan dalam proses Coklit ada tiga hal yang dapat dilakukan oleh Pantarlih guna menyukseskan Pilkada mendatang.

“Pertama, Pantarlih berhak mendata pemilih baru, yang sudah memenuhi syarat tapi tidak terdaftar di data pemilih, kemudian mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat, serta melakukan perubahan data jika ditemukan ada kesalahan,” paparnya.

Baca juga :  Wujudkan Pemilu Inklusif, KPU Denpasar Sosialisasi ke Kelompok Disabilitas

Terakhir ia kembali menekankan agar masyarakat ikut serta dalam mensukseskan tahapan Coklit ini.

“Kembali saya sampaikan kepada masyarakat untuk menyukseskan tahapan Coklit ini, agar semua pemilih yang memenuhi syarat bisa menggunakan hak pilihnya.

Reporter: Dewa Fathur