DIKSIMERDEKA.COM, DENPASAR, BALI – Tim Universitas Udayana (Unud) berhasil menyabet juara III dalam kompetisi “Intl Agroeco Foresight” yang digelar AEU-Club Hongkong, pada akhir April lalu.

AEU Club merupakan sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang pengembangan pembelajaran online dan sekaligus mengembangkan sistem pengelolaan lingkungan berbasis sains.  

Dalam keterangan tertulis Juru Bicara Unud yang diterima media ini, Jumat (05/05/23) dijelaskan bahwa kompetisi ini berkaitan dengan kerja sama Russia-Asian untuk perbaikan lingkungan pertanian dan kesehatan di negara-negara Asian.

Dalam kompetisi itu, Unud yang diwakili Tim Yumeria, mahasiswa S1 Agroekoteknologi yang terdiri dari Fadia Walid Al-Ozeir (ketua tim), Tobias Leonard, Raja Prima Nusantara Wijaya, dan Valentine Gracia Sundari Basuki (anggota) berhasil mengungguli tim negara Laos.

Baca juga :  Terkait Isu Kekerasan Seksual di Unud: Jika Benar Dilindungi, Jika Tidak Dikasuskan

Pelaksanaan kompetisi ini sendiri dilakukan setiap minggu pada hari Sabtu tanggal 08, 15, 22, dan 29 April 2023. Diikuti oleh enam tim dari lima negara yaitu Indonesia (1 tim), Vietnam (1 tim), Filipina (1 tim), Laos (1 tim), dan India (2 tim). 

Juara tersebut diraih tim Unud berkat keberhasilannya mencarikan solusi aplikatif untuk mengatasi masalah polusi lingkungan pertanian. 

Dalam kompetisi itu, para peserta diberikan waktu 1,5 jam untuk membuat dan mempresentasikan di hadapan juri secara online pemecahan masalah yang benar-benar dapat diterapkan pada kondisi lapangan.

Baca juga :  Gelar Refleksi Akhir Tahun 2021, Rektor Unud Paparkan Sejumlah Capaian

Tim Yumeria mampu menjawab masalah secara kreatif dan inovatif yaitu dapat mengungkapkan penyelesaian masalah secara lengkap berdasarkan kenyataan lapang.

Sebelum melakukan lomba, tim mendapat pembekalan Prof I Ketut Suada dan Dr Ni Made Trigunasih sebagai pelatih yang merupakan dosen S1 Agroekoteknologi dan Pascasarjana Fakultas Pertanian Universitas Udayana. 

Keberhasilan Tim Yumeria ini juga berkat dukungan 13 orang mahasiswa sebagai tim pendamping dan juga 20 mahasiswa sebagai tim pendukung.

Baca juga :  Unud Selenggarakan Sosialisasi Program INNOVILLAGE

Kegiatan ini juga sangat didukung oleh Dekan Fakultas Pertanian melalui fasilitas ruang telekonferens sehingga mahasiswa dapat berinteraksi secara jernih dan lancar dengan partner di luar negeri.

Dan, acara berjalan lancar berkat support dari tim IT Unud yang terdiri dari I Gede Wahyu Pramartha S.Kom dan I Gede Andika Putra S.Sos.

Adapun juri dalam kompetisi ini yaitu, Charlie B. Batin (MMSU-Philippines), Shweta Vyas (KOTA-India), Nguyen Thi Ha (VNU-Vietnam), Suraj Pradhan (AIT-Thailand), Fabio Masi (Belanda), Harjito (UTS-Sumbawa), I Ketut Suada (Unud-Indonesia), Trigunasih (Unud-Indonesia), Van Dien (Francis), dan Natalia Shchegolkova (MSU-Russia).