DIKSIMERDEKA.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pemerintah akan segera menggulirkan Program  Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Warung (BT-PKLW). Program yang menjadi bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini akan diberikan kepada satu juta PKL dan pemilik warung masing-masing sebesar Rp1,2 juta. 

Baca juga :  Airlangga: Penguatan Ekspor-Impor Melanjutkan Tren Pemulihan Ekonomi

“Bantuan Tunai untuk PKL, warung, ataupun warteg ini kepada satu juta PKL dan pemilik warung yang diberikan dana @Rp1,2 juta melalui TNI-Polri. Ini akan segera dijalankan,” ujar Airlangga dalam Keterangan Pers mengenai Perkembangan PPKM Terkini, Senin (06/09) malam. 

Airlangga menambahkan, PKL dan warung yang akan menerima bantuan adalah mereka yang lokasi usahanya berada di daerah PPKM Level 3 atau Level 4 serta bukan penerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). 

Baca juga :  Airlangga: Mobilitas di Sejumlah Wilayah Luar Jawa-Bali Perlu Terus Ditekan

“Ini adalah bukan penerima BPUM dan lokasi usaha di PPKM Level 3 dan 4. Ini akan segera dijalankan karena seluruh regulasinya telah lengkap,” tegasnya. 

Pada kesempatan tersebut, Menko Perekonomian juga memaparkan mengenai realisasi Program Perlindungan Sosial (Perlindos). 

Baca juga :  Airlangga: PPKM Luar Jawa-Bali Dilanjutkan Hingga 6 Desember

Anggaran Kartu Prakerja pada tahun 2021 telah terealisasi sebesar Rp6,82 triliun yang disalurkan bagi 4,3 juta penerima. Sedangkan untuk Kartu Prakerja batch 19, hingga 4 September 2021 telah terdaftar sebanyak 3,9 juta orang. (*/sin)