DIKSIMERDEKA.COM, DENPASAR, BALI – Menghadapi situasi wabah virus Covid-19 saat ini, Gubernur Bali Wayan Koster mengajak semua lembaga, komponen masyarakat dan tokoh di Bali bersatu padu bersama-sama berupaya mencegah meluasnya penyebaran virus tersebut.

Ajakan itu disampaikan saat wawancara khusus dengan salah satu televisi lokal pada Senin l(30/3) di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar.

Baca juga :  Update Penanggulangan Covid-19 Rabu (23/12): Pertambahan Kasus Sebanyak 122 Orang

“Saya menganggap di tengah upaya-upaya kita bersama, semuanya perlu bersatu padu. Seluruh lembaga, tokoh masyarakat, harus bahu membahu menghadapi masalah ini (Covid-19),” ujarnya.

Dalam situasi seperti ini menurutnya, semua mesti bergotong-royong menghadapinya bersama-sama dengan melepas segala embel-embel identitas subyektif. Seperti pilihan politik dan partai politik.

Baca juga :  Update Penanggulangan Covid-19 Senin (17/5): Pertambahan Kasus Sebanyak 74 Orang

Selain itu, ia juga mengingatkan agar tidak mengeluarkan statement yang justru makin memperkeruh situasi saat ini. “Jangan malah cari panggung politik. Nanti pilkada atau pemilu silahkan,” tegasnya mengingatkan.

Selanjutnya ia menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali telah melakukan berbagai upaya maksimal untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

Bahkan menurutnya, Pemprov Bali merupakan provinsi pertama di Indonesia yang memyatakan situasi siaga darurat dan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19.

Baca juga :  Jumlah Transmisi Lokal Terus Meningkat, Dewa Indra Tegaskan Masyarakat Harus Disiplin

“Masukan-masukan yang tidak bisa dijalankan, (karena, red) ada yang merupakan kewenangan Pusat, bukan kewenangan saya sebagai gubernur. Sesuai kewenangan di daerah masing-masing. Secara optimal dan terukur (telah saya jalankan, red),” jelasnya. (*)