DIKSIMERDEKA.COM, BANGLI, BALI – Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Bangli menggelar program KMHDI Mengajar jilid II Tahun 2019 sebagai wujud konsistensi kepeduliannya terhadap pendidikan di Kabupaten Bangli.

Kegiatan dengan tema “Mengabdi Untuk Pendidikan Bangli” ini dilaksanakan di Pura Dalem Agung Tampuagan, Desa Peninjauan, Tembuku, Bangli, Bali, Sabtu (14/12). 

Menurut Ketua PC KMHDI Bangli Ni Komang Nopi Karunia Sari, KMHDI mengajar merupakan program rutin sebagai wujud nyata pengabdian KMHDI dalam mengawal isu pendidikan di Indonesia.

“Pendidikan sangat penting bagi maju tidak nya Indonesia kedepan. Lewat program ini, kami berharap dapat memberikan sumbangsih terhadap perkembangan pendidikan menuju SDM Indonesia yang unggul,” ungkap Nopi saat ditemui awak media.

Selain itu, mahasiswa asal Kayubihi Bangli itu menganggap pentingnya pemerataan pendidikan di setiap daerah terutama di Kabupaten Bangli.

“Kami menilai hari ini masih terjadi kesenjangan pendidikan antara kota dan desa, jadi salah satu misi kami adalah berupaya untuk mendorong kemajuan dan pemerataan pendidikan terutama di Kabupaten Bangli lewat program ini,” pungkasnya.

Di sisi lain, mahasiswi semester 7 IHDN Denpasar, itu berharap dapat terus bersinergi dan memberikan sumbangsih terhadap sekolah dalam mendidik siswa.

“Kami sangat berterima kasih atas support yang diberikan. Mudah-mudahan apa yang kami berikan melalui pendidikan singkat kepada adik-adik dapat berguna dan terus di kembangkan. Ke depan kami berharap bisa terus bersinergi dengan pihak sekolah.

Diketahui, program KMHDI Mengajar Jilid II kali ini bekerja sama dengan SDN 5 Peninjauan dan melibatkan kepala sekolah, dewan guru serta 139 orang siswa sebagai peserta.

Kepala Sekolah SDN 5 Peninjauan, Sang Putu Susila memberikan apresiasi terhadap sinergi yang telah dilakukan oleh KMHDI Bangli dengan sekolah.

“Lewat kesempatan hari ini, dengan berbagai ilmu yang diberikan oleh adik-adik, kami sangat berterima kasih. Program seperti ini kami nilai sangat berperan penting dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, dan kami sangat mengapresiasi,” ungkapnya.

“Kedepannya kami mengajak untuk terus bersama bersinergi membimbing dan membina generasi muda, terutama siswa-siswi SDN 5 Peninjauan,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Koordinator Pengawas Pendidikan Agama Hindu Kabupaten Bangli I Wayan Sumada S.Ag, M.Fil. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi terselenggaranya program KMHDI mengajar sebagai salah satu upaya memberikan pendidikan karakter sejak dini.

“Kami selalu mensupport kegiatan yang positif. Pendidikan agama yang diberikan sejak dini lewat kegiatan ini, sangat diperlukan dalam membentuk karakter religius generasi milenial sekarang ini,” ungkapnya.

Sebagai penutup kegiatan, PC KMHDI Bangli memberikan kenang-kenangan kepada pihak sekolah, serta penyerahan bantuan kepada beberapa siswa berupa perlengkapan sekolah. (ricky)