by

Apresiasi TMMD ke 105, Pangdam: Gotong Royong Sudah Lama Menjadi Filosofi Masyarakat Kita

DIKSIMERDEKA.COM, KLUNGKUNG, BALI – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P,. Senin siang (29/07) meninjau lokasi TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD Reguler Ke 105 Kodim 1610/Klungkung, di Desa Nyanglan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung.

Dalam kunjungan tersebut Pangdam IX/Udayana didampingi oleh Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I P., M.Si.,Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Kadek Subawa, Kapendam Kolonel Kav Jonny Harianto serta Sekretaris Daerah Klungkung I Putu Gede Winastra.

Dalam sambutannya Pangdam menyampaikan apresiasinya kepada seluruh prajurit, masyarakat dan tentunya Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam pelaksanaan TMMD kali ini yang tetap mampu menjaga dan memelihara semangat gotong royong.

Baca juga : Kodam IX/Udayana Gelar Udayana Run 5K dan 10K di Kuta Beach, Bali

“Gotong royong sudah menjadi filosofi dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan bagi TNI hal ini bisa diwujudkan dalam bentuk operasi bakti, bakti TNI atau karya bakti dan TMMD yang sedang kita laksanakan seperti saat ini menjadi salah satu wujudnya”, ungkap Pangdam

Gotong Royong TMMD Ke 105 Kodim 1610/Klungkung

Menurut Pangdam, dengan kemajuan teknologi saat ini semangat gotong royong sudah mulai terkikis, maka dari itu Pangdam menekankan tugas Pokok TNI selain dalam operasii militer perang, juga melaksanakan operasi militer selain perang, termasuk TMMD di wilayah binaannya masing-masing.

Maksud dan tujuan TMMD itu sendiri adalah untuk membantu masyarakat dengan semangat gotong royongnya dapat mendukung pembangunan pemerintah daerah.

Baca juga : Kodam IX/Udayana Terima Pendaftaran Caba PK TNI AD TA. 2019

Pada kesempatan tersebut Pangdam meninjau pengerjaan jalan sepanjang 2.035 meter, bedah rumah dan pembuatan jamban.

Penijauan dilakukan dengan menggunakan mobil off road yang memang disiapkan oleh Kodim 1610/Klungkung yang mendapatkan dukungan dari satu komunitas off roader menuju lokasi.

Pembuatan jalan sepanjang 2035 meter tersebut sudah dimulai sejak tanggal 10 Juli 2019 dan dijadwalkan rampung sebelum penutupan TMMD pada tanggal 8 Agustus 2019 mendatang.

Pangdam berharap keberadaan TNI di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Baca juga : Tutup Latihan Pengamanan VVIP, Pangdam: Ingat! Ini Bukan Sekedar Rutinitas

“Dengan soliditas TNI-Polri, Pemerintah Kabupaten Klungkung dan Warga Desa Nyanglan, semoga pelaksanaan TMMD dan hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, ungkap Jenderal Bintang Dua tersebut.

Rangkaian kegiatan juga diisi dengan penanaman pohon penghijauan jenis mahoni oleh Pangdam dan rombongan, penyerahan Sembako kepada warga masyarakat serta meninjau lokasi air terjun Tirta Tiyasa Udayana yang ditemukan Satgas TMMD bersama warga yang sangat berpotensi menjadi tujuan wisata baru di Desa Nyanglan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed