DIKSIMERDEKA.COM, DENPASAR, BALI – Pemerintah Kota Denpasar melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus berupaya memperluas digitalisasi pelayanan penerimaan pajak daerah.

Hal ini dilaksanakan dengan menggandeng Lembaga Perkreditan Desa (LPD) untuk mempermudah masyarakat dalam pembayaran PBB-P2, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Upaya ini tertuang dalam Penandatanganan Komitmen antara Bapenda Kota Denpasar, Bank BPD Bali BKS LPD Denpasar, bertempat di Hotel Mercure Resort Sanur, Denpasar, Rabu (19/6/2024).

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Eddy Mulya menjelaskan, dalam percepatan perluasan digitalisasi daerah di Kota Denpasar, Badan Pendapatan Daerah Kota Denpasar, Bank BPD Bali Cabang Utama Denpasar dan BKS LPD Kota Denpasar telah membangun komitmen bersama.

Baca juga :  Puncak HUT ke-39 LPD Digelar 2 Desember di Badung

Adapun komitmen ini dilaksanakan guna memperluas akses pembayaran PBB-P2, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dengan LPD sebagai agen Bank BPD Bali.

Dikatakannya, dengan LPD sebagai agen Bank BPD Bali maka pembayaran pajak daerah oleh masyarakat tidak harus ke Bapenda atau ke Bank BPD Bali, melainkan dapat dilaksanakan di LPD terdekat.

Baca juga :  Gubernur Koster Ajak BKS LPD Perkuat Fungsi Keuangan di Desa Adat

Dengan adanya pendekatan pelayanan ini, selain mempermudah masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan penerimaan pajak daerah.

“Yang pertama harapan kami dapat mempercepat digitalisasi daerah, mendekatkan pelayanan bagi masyarakat serta meningkatkan PAD Kota Denpasar,” ujarnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa memberikan apresiasi atas komitmen bersama antara Bapenda Kota Denpasar bersama Bersama Bank BPD Bali dan BKS LPD.

Hal ini tentu menjadi sebuah inovasi dan terbosoan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, utamanya dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai wajib pajak daerah.

Baca juga :  Audiensi JMSI Bali-Pemkot Denpasar: Sinergi Kawal Isu Strategis Lingkungan

“Yang pertama dengan adanya pelayanan penerimaan pajak daerah di LPD sebagai agen Bank BPD Bali diharapkan mampu memberdayakan LPD sebagai lembaga keuangan desa adat, yang kedua diharapkan mampu mendekatkan pelayanan bagi masyarakat, serta muaranya adalah memberikan pelayanan yang berkualitas dalam mendukung peningkatan PAD Kota Denpasar,” ujar Arya Wibawa.

Editor: Agus Pebriana