DIKSIMERDEKA.COM, DENPASAR, BALI – Wakil Gubernur Bali periode 2018-2024, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati berharap media di bawah naungan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Bali dapat bersinergi dengan pemerintah dan stakeholder lainnya untuk membangkitkan pariwisata Bali melalui pemberitaan positif kepada publik.

Hal tersebut diungkapkan dalam pelantikan Pengurus Daerah (Pengda) JMSI Bali periode 2024-2029, bertempat di Four Star by Trans Hotel Denpasar, Selasa (30/4/2024).

“Media memiliki peranan penting dalam menjaga ekosistem terlebih lagi di Bali yang terkenal akan pariwisatanya,” ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Bali sekaligus Ketua Dewan Pembina JMSI Bali itu.

Baca juga :  Pengda JMSI Bali Resmi Terbentuk

Tokoh Puri Agung Ubud yang akrab disapa Cok Ace itu mengatakan sebagai pulau pariwisata yang terkenal di mata dunia, Bali sering disorot dan dicitrakan negatif oleh media asing terutama yang berasal dari para kompetitor. 

“Akibat itu setiap hari kami harus meluruskan sorotan tersebut sehingga citra pariwisata Bali kembali pulih,” terangnya.

Untuk itu, Cok Ace pun mengajak media online bisa berkolaborasi dengan pemerintah memberikan informasi akurat dan tepat terutama berkaitan dengan pariwisata Bali sehingga dapat mencerahkan masyarakat.

Baca juga :  JMSI Bali Dapuk Cok Ace sebagai Ketua Dewan Pembina

Ketua Umum JMSI Teguh Santoso yang hadir sekaligus melantik Pengda JMSI Bali dalam sambutannya mengatakan agar JMSI Bali dapat membantu anggotanya menjadi perusahaan pers yang profesional dan sehat. 

“Semoga anggota JMSI Bali menjadi media yang sehat di antaranya aktif melaksanakan pemberitaan serta dalam  kesehariannya lebih banyak berita karya sendiri ketimbang menaikkan rilis,” pungkasnya.

Baca juga :  Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak di Bali, JMSI Gelar Literasi Digital

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua JMSI periode 2024-2029 Nyoman Ady Irawan menyampaikan tujuan JMSI Bali untuk mensukseskan visi misi JMSI nasional yakni salah satunya menciptakan ekosistem pers yang sehat.

“Kami hadir di Bali untuk mewujudkan misi JMSI salah satunya membangun dan menjaga ekosistem pers yang sehat,” ujar Ady.

“Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada para pengurus serta anggota yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan acara pelantikan ini,” imbuhnya.

Reporter: Agus Pebriana