BerandaDiksi Sosbud

Elemen Mahasiswa Bali Gelar Aksi Solidaritas Korban Bom Gereja Katedral Makassar

DISKIMERDEKA.COM, DENPASAR, BALI – Sejumlah elemen Mahasiswa di Bali menggelar aksi solidaritas korban bom serangan terorisme Gereja Katedral Makassar di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi Renon Denpasar, Rabu (31/3).

Sejumlah elemen Mahasiswa tersebut, yakni organisasi GMNI, PMKRI, GMKI, KMHDI, IMM, KAMMI, LMND, SULUH PEREMPUAN, NARMADA, dan HMJ HUKUM UHN.

Massa berkumpul di titik kumpul pukul 16.30 WITA dan memulai aksi pukul 17.30 WITA. Aksi diawali dengan pidato dari perwakilan organ yang tergabung dan dilanjutkan dengan pembacaan pernyataan sikap. 

Baca juga :  Polri: Tersangka Teroris Makassar Baiat di Markas FPI
Aksi solidaritas korban bom serangan terorisme Gereja Katedral Makassar. (Foto: istimewa)

Ada 5 sikap yang dinyatakan massa dalam aksi tersebut. Pertama, mengecam dan mengutuk tindakan teror yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar.

Kedua, meminta pihak kepolisian untuk Mengusut tuntas kasus terorisme yang terjadi di Makassar sampai keakar-akarnya.

Ketiga, meminta kepada pihak kepolisian dan seluruh stakeholder terkait untuk segera menciptakan rasa aman dan tenang di tengah masyarakat. Keempat, meminta kepada Presiden RI untuk segera mengevaluasi kinerja dari pihak pihak terkait dalam penanganan terorisisme seperti (Polri, BIN, dan BNPT).

Baca juga :  Bom Bunuh Diri di Makassar, Densus 88 Antiteror Polri Berhasil Tangkap 31 Terduga Teroris

Dan kelima, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap solid dan tidak terprovokasi atas kejadian teror di Makassar. 

Humas Aksi Jonathan Kevin dalam keterangannya mengatakan kegiatan sebagai bentuk solidaritas ikut merasakan kesedihan yang ada akibat aksi pengeboman pada tanggal 28 Maret 2021. Dan, menyerukan persatuan melawan terorisme.

“Bahwa Bali juga pernah merasakan aksi teror yang serupa dan pada saat itu seluruh daerah di Indonesia juga turut bersolidaritas terhadap apa yang terjadi di Bali pada tahun 2002 dan 2005. Oleh sebab itu Cipayung Plus Bali beserta beberapa mahasiswa yang ada di Bali ikut turut bersolidaritas terhadap apa yang terjadi di Makassar,” ujarnya.

Baca juga :  Pelaku Bom Bunuh Diri di Makassar Pasangan Suami Istri Baru Menikah 6 Bulan

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama dan pembacaan puisi oleh perwakilan massa. Pukul 18.20 aksi selesai dan massa aksi membubarkan diri dengan tertib dan dikawal oleh kepolisian. Beberapa massa aksi juga membagikan masker gratis kepada masyarakat yang ada di sekitar lokasi. (*/dhi/sin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button