DIKSIMERDEKA.COM, BADUNG, BALI – Menuntut ilmu pengetahuan tidak hanya dapat dilakukan secara formal dalam sektor pendidikan. Menurut mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti, pada masanya dia bahkan tidak menempuh pendidikan formal di bangku kuliah, namun lebih menggunakan cara merdeka belajar terhadap diri sendiri.

“Belajar tidak harus duduk di depan guru, dikelas, mempunyai komunitas sekolah tidak perlu. Apalagi dengan zaman sekarang ada gadget,” ungkap Susi Pudjiastuti selaku pembicara dalam Stadium General Student Day 2020 Universitas Udayana pada Rabu (9/9).

Baca juga :  Sekda Bali Minta Sektor Pendidikan Tetap Produktif dan Aman di Masa Pandemi

Lebih lanjut, dia mengaku berhenti dari pendidikan formal karena merasa tidak cocok dengan sistem yang ada. Karena menurutnya, ia lebih mampu mengembangkan diri dengan belajar dan mengetahui banyak hal secara langsung.

“Saya putuskan dulu berhenti karena terbatas kesempatan saya untuk belajar lebih banyak hal baru. Saya tidak cocok dengan sistem yang ada, sistem yang ada baik, tapi sayanya yang tidak cocok,” jelas Susi.

Baca juga :  Bantuan Bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Akhirnya Dikucurkan

“Konsisten menerapkan merdeka belajar terhadap diri sendiri dapat dilakukan dengan bersahabat pada diri sendiri. Tetapkan value (nilai diri) dalam diri sendiri sebagai suatu tujuan hidup yang harus dicapai,” imbuhnya.

Dalam Stadium General yang disiarkan secara langsung melalui Youtube Ksatria Muda Udayana itu, Susi Pudjiastuti berpesan kepada seluruh mahasiswa baru Universitas Udayana tahun 2020 agar terus belajar meraih masa depan dan lakukan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia. “Just want to know everything, just want to do many things, just want to learn everything, itu sangat penting,” tandasnya. (dar/sin)