DIKSIMERDEKA.COM, DENPASAR, BALI – Provinsi Bali hingga, 01 Mei 2020 mencatat terjadinya tren kenaikan jumlah pasien positif covid-19. Kasus sembuh hari ini bahkan bertambah sebanyak 8 orang, sehingga jumlah total kesembuhan mencapai 121.

“Jumlah pasien yang telah sembuh sejumlah 121 orang, bertambah 8 orang WNI, terdiri dari 7 orang PMI dan 1 orang Non PMI,” ungkap Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewa Made Indra dalam siaran persnya di Denpasar, Jumat (1/5).

Baca juga :  Update Covid-19 Rabu (21/10): Pertambahan Kasus Terkonfirmasi Sebanyak 87 Orang

Meski tren kesembuhan terus terjadi, penambahan pasien positif juga mengalami penambahan. “Jumlah kumulatif pasien positif 235 orang. Bertambah 13 orang WNI, terdiri dari 4 orang PMI dan 9 orang Transmisi Lokal,” papar Dewa Indra.

Baca juga :  Hadapi Covid-19, Gubernur Bali Andalkan Desa Adat Untuk Kendalikan Pergerakan Masyarakat

Jumlah angka positif di Bali menurut Sekda Bali itu sebagian besar masih didominasi oleh imported case. Sedangkan untuk transmisi lokal sejumlah 66 Orang.

“Hal ini berarti masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan atau melakukan upaya-upaya pencegahan Covid-19, seperti pemakaian masker, mencuci tangan, physical distancing dan lainnya,” pungkasnya.

Baca juga :  Tempatkan Petugas Hingga Banyuwangi, Bali Terapkan Sekat Berlapis Cegah Covid-19

Untuk itu, sekali lagi, dalam menekan kasus transmisi lokal maka masyarakat harus sadar dan disiplin dalam melakukan upaya pencegahan virus ini,” imbuhnya.

Disisi lain, apresiasi muncul dari keberhasilan pemprov bali dalam menekan jumlah pasien yang meninggal. “Jumlah pasien yang meninggal tetap, yaitu sejumlah 4 orang,” ungkap Sekda. (*/rky)