DIKSIMERDEKA.COM, TABANAN, BALI – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menghadiri dan menutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 di Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, Tabanan, Bali, Kamis, (31/10).

Dalam sambutannya, Kasad Andika Perkasa mengapresiasi pelaksanan TMMD ke-106 itu karena berjalan dengan baik dan memuaskan. Hal itu terjadi karena kerjasama yang baik antara TNI, Pemerintah Kabupaten Tabanan dan Masyarakat serta BUMN dan stekholder terkait.

“Sinergi kerjasama seperti ini apalagi dibantu oleh masyarakat, dengan partisipasi yang tinggi, jadi semua pekerjaan bisa diselesaikan secaa cepat dan sempurna,” ungkapnya.

Baca juga :  Menko Polhukam: Pemerintah Berharap Semua Pasukan Elit TNI Dapat Difungsikan Dengan Baik

“Jadi tidak hanya Kementrian pertahanan dalam hal ini TNI, tetapi juga kerjasama antara Kementrian Kesehatan, Kementrian Pertanian, Kementrian PUPR, dan juga dinas-dinas, serta Pemerintah Daerah, termasuk BUMN, membangun bersama untuk masyarakat,” imbuhnya.

Diketahui, TMMD merupakan program TNI yang telah dilaksanakan di berbagai daerah diseluruh Indonesia. Dalam pelaksanaannya di Tabanan kali ini merupakan yang ke-106 dengan program membangun dan memperbaiki jalan, jembatan serta bedah rumah.

“TMMD yang ke-106 hadir di Tabanan. Pelaksanaannya ada di 50 Kabupaten/Kota dengan 74 desa yang tersebar diseluruh Indonesia totalnya,” beber Jendral TNI itu.

Baca juga :  Bertemu Purnawirawan TNI-Polri, Presiden Bertukar Pandangan Soal Pancasila dan Masalah Kebangsaan

Selanjutnya dilaporkan, anggaran dalam Program TMMD kali ini, pemerintah kabubaten Tabanan telah menggelontorkan dana total sebesar 1,7 Miliar Rupiah yang khusus digunakan untuk membangun, sedangkan TNI menanggung semua biaya tenaga kerja.

“Pemerintah kabupaten Tabanan telah anggaran sekitar 1,7 M, untuk perbaikan dan membangun jembatan serta jalan. Nah, kehadiran kami, dengan jumlah satgas 150 orang, juga kami anggarkan untuk uang saku dan uang makan, serta untuk modal awal, jadi benar-benar tidak merepotkan anggaran daerah,” ungkap pimpinan di Markas Besar TNI Angkatan Darat itu.

Sementara itu, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti yang turut hadir dalam acara tersebut berharap Program TMMD akan terus berjalan di tengah-tengah masyarakat. Karena, dampak yang diberikan oleh program ini bisa langsung dapat dirasakan dan sangat membantu masyarakat.

Baca juga :  Presiden Jokowi Sampaikan Dukacita atas Berpulangnya Pramono Edhie Wibowo

“Kita berharap program ini selalu bisa di lanjutkan karena manfaatnya sudah kita rasakan betul. Artinya pekerjaan yang sulit bisa lebih mudah karena gotong royong. Contohnya sudah banyak jembatan dan jalan yang kita bangun Bersama-sama dengan TNI dan mudah-mudahan program ini terus ada dan bisa dirasakan terutama untuk masyarakat,” pungkas Bupati Perempuan itu. (*/ricky/dk)