DIKSIMERDEKA.COM, DENPASAR, BALI – Pemerintah Desa Pemogan menggelar pembersihan sungai yang berlokasi di depan Pura Desa Adat Pemogan, Kamis (4/7/2024). Sejumlah petugas kebersihan dilibatkan dalam kegiatan itu.

Perbekel Desa Pemogan, Made Suwirya mengatakan aksi bersih-bersih sungai ini merupakan wujud kepedulian dan pelestarian terhadap lingkungan, dan alam sekitarnya.

Baca juga :  Berada di Hilir, Pemogan Pikul Beban Ekologis Jadi Penampungan Sampah Kiriman

“Kami menjaga harmonisasi alam dan lingkungan agar tetap senantiasa bersih dan sehat. Aksi bersih sungai ini adalah implementasi ajaran Adi Citta Danu Kerthi, yang digaungkan oleh Bung Karno, yakni untuk menjaga kelestarian air baik sungai, danau maupun lainnya bisa kami terapkan di lingkungan kami,” ujar Made Sada.

Baca juga :  Desa Pemogan Tertibkan Pembuangan Sampah Liar di Taman Pancing

Pada kegiatan Aksi Bersih sungai kali ini, menurut Made Suwirya, pihaknya berfokus pada tanaman liar yang tumbuh di sisi samping sungai dan juga pembersihan sampah sampah yang ada di aliran sungai tersebut.

Baca juga :  Desa Pemogan Tertibkan Pembuangan Sampah Liar di Taman Pancing

“Gerakan ini juga bisa dikatakan untuk percontohan kepada masyarakat agar turut serta juga menjaga lingkungan sekitar terutama aliran sungai. Karena ini menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat,” pungkas Made Suwirya.

Editor: Agus Pebriana