DIKSIMERDEKA.COM, TOUNA, SULTENG – Sebanyak empat anggota kepolisian dari Polres Tojo Una-Una (Touna) resmi dipecat dari satuannya lantaran melakukan pelanggaran selama bertugas.

Keempatnya diberhentikan secara tidak hormat melalui Keputusan Kapolda Sulawesi Tengah Nomor: Kep/17/XI/2023/KHIRDIN. Mereka masing-masing berinisial, Bripka AJ T, Bripka NAJ, Brigpol BS dan Brigpol DJA.

Upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) tersebut dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolres Touna, secara In Absensial atau tanpa kehadiran empat Personel tersebut, yang dipimpin Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tojo Una Una (Touna), AKBP S. Sophian SIK MH, selaku Inspektur upacara, Senin (20/11/23).

Turut hadir, Kabag SDM AKP Muhamad Asdar, SH sebagai Perwira Upacara dan Komandan Upacara Kaurbinopsnal Satsamapta IPDA Ahmad Ridwan, SH, yang juga dihadiri peserta terdiri 1 Pleton Pasukan perwira, Satsamapta, Satpolairud, Satlantas, Staf, gabungan Satreskrim dan Satnarkoba, Satintelkam serta Bhabinkamtibmas.

Dalam amanatnya, AKBP S. Sophian menegaskan ke seluruh personel untuk selalu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh disiplin menjaga etika, moral dan perbuatan anggota Polri agar tetap berjalan sesuai dengan norma dan jalur yang digariskan baik dilingkungan tempat tinggal maupun dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

“Saya selaku pimpinan berharap agar peristiwa ini hendaknya dapat dijadikan contoh dan pelajaran, upacara semacam ini seyogyanya tidak terjadi, namun secara terpaksa kita harus lakukan, ini disebabkan karena perbuatan anggota itu sendiri, sebelumnya pimpinan sudah berkali kali mengingatkan kepada kita selalu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh disiplin tapi peringatan itu selalu kita abaikan bahkan selalu anggap remeh sehingga akibatnya kita sendiri yang menanggungnya,” kata Kapolres.

Ia berharap, bagi anggota Polri yang telah diberhentikan agar bisa kembali menjadi warga masyarakat yang baik. “Tunjukkan bahwa kalian adalah warga masyarakat yang lebih dari masyarakat lainya, sehingga dalam pergaulan tidak diremehkan,” sarannya.

Selain itu, Kapolres juga berpesan kepada kepala satuan senantiasa monitor anggotanya baik dalam pelaksanaan tugas maupun di luar jam tugas. “Setiap permasalahan sekecil apapun dimonitor dan dicarikan solusinya,” tutup Kapolres mengakhiri amanatnya.

Reporter: Rahmad Nur