GPLI Bersama KKP dan JASINDO Tandatangani MoU Perlindungan Budidaya Lobster

DIKSIMERDEKA.COM, JAKARTA –  Gabungan Pengusaha Lobster Indonesia (GPLI) bersama Ditjen Budidaya KKP dan PT. Asuransi Jasa Indonesia (JASINDO) menandatangani MoU untuk memberikan perlindungan asuransi bagi usaha budidaya lobster, di Gedung Mina Bahari 4, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Jumat (21/05/2021).

Ketua GPLI Gunawan Suherman menjelaskan,  penandatanganan MoU ini merupakan suatu tonggak sejarah, karena asuransi budidaya lobster ini merupakan yang pertama di Indonesia dan ini bisa menggairahkan usaha budidaya lobster di dalam negeri. 

“Budidaya Lobster akan menjadi salah satu penggerak ekonomi masyarakat di daerah dan akan sangat membantu dalam pemulihan ekonomi nasional. Dengan adanya perlindungan asuransi dari Jasindo, ini akan semakin memantapkan para pembudidaya untuk memulai usahanya. Masyarakat akan merasa aman dalam menjalankan usahanya karena terlindungi asuransi. Saya jamin bahwa budidaya lobster ini pasti akan bisa berhasil di Indonesia,” terang Gunawan 

Baca juga :  KKP Genjot Penanganan 38 Kasus Tindak Pidana Kelautan dan Perikanan Pada Catur Wulan I 2020

Gunawan menambahkan GPLI siap melakukan pemantauan dan pembinaan secara terus menerus kepada para nelayan pembudidaya hingga menjadi pembudidaya yang berdikari. 

Dalam sambutan Dirjen Budidaya KKP Slamet Soebjakto mengatakan momen ini adalah momen penting lantaran Indonesia baru mulai meningkatkan budidaya lobster di dalam negeri. Dan bahkan dikatakan punya ambisi untuk menjadi produsen lobster terbesar di dunia. 

Baca juga :  KKP Pastikan PNBP Perikanan untuk Percepat Pembangunan Sektor KP

“Kita harapkan lobster yang dihasilkan Indonesia dapat menjadi unggulan secara nasional maupun Internasional, karena itu perlu disiapkan perangkat perlindungan bagi masyarakat pembudidaya agar ada ketenangan dalam menjalankan usaha budidayanya,” paparnya. 

Kehadiran GPLI menurut Slamet Raharjo sangat penting, karena GPLI bisa membina masyarakat, selain menjadi penjamin teknologi, juga menjadi penjamin usahanya yakni sebagai offtaker. “Saya yakin dengan adanya GPLI dan Jasindo budidaya lobster akan semakin besar,” tambahnya 

Baca juga :  Bantah Adanya Permainan Surat Laik Operasi, KKP: SLO Diterbitkan Sesuai Peraturan Yang Berlaku

Sementara Kepala Grup Asuransi Pertanian, Mikro dan Program Pemerintah Jasindo M.Fauzi Ridwan menyampaikan arahan dari presiden Jokowi agar jangan pernah lelah mengabdi ke negara. “Insyaallah, karena ini bisa berkembang untuk ketahanan pangan kami Jasindo siap mendukung asuransi budidaya lobster ini,” tegas M Fauzi. (Wan)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button