DIKSIMERDEKA.COM, DENPASAR, BALI – Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Denpasar menyelenggarakan kegiatan Penyegaran Pelatih Pusdiklatcab Denpasar Tahun 2024, bertempat di Bumi Perkemahan I Gusti Ngurah Rai, Margarana, Tabanan pada 8-9 Juni 2024.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas individu maupu kelompok pelatih guna dapat melaksanakan tugas, fungsinya dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepramukaan dengan baik dan bertanggungjawab.

Pemimpin Kursus (Pinsus) Putu Ngurah Sonny Sanjaya mengatakan bahwa Pitaran Pelatih merupakan wadah peningkatan kualitas dan pemutakhiran wawasan pelatih terkait perkembangan kepramukaan di tingkat dunia WOSM.

dengan tujuan menambah informasi, pengetahuan dan kecakapan pelatih dan peningkatan kompetensi pelatih untuk meningkatkan kualitas diri, memperkaya pengetahuan dan pemahaman tentang kepramukaan.

Sonny Sanjaya menambahkan, Pitaran Pelatih Kwarcab Denpasar ini diharapkan mampu memberikan wadah bertukar pengalaman dan meningkatkan wawasan
pengetahuan serta pemahaman melalui informasi-informasi terkini yang
relevan dalam peningkatan SDM, Tata kelola organisasi dan Tata kelola
kegiatan pendidikan dan kepelatihan kepramukaan.

Sementara itu, Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar Dr. I Gusti Lanang Jelantik, M.Si dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung penyelenggaraan Pitaran Pelatih di Kwarcab Denpasar.

Lanang Jelantik berharap melalui penyelenggaraan Pitaran Pelatih, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kepramukaan menjadi garda terdepan sekaligus wahana inti bagi Gerakan Pramuka (dalam hal ini kwartir) untuk menjalankan Pendidikan Kepramukaan guna mewujudkan tujuan Gerakan Pramuka dan melaksanakan amanat undang-undang melalui para Pelatih Pusdiklat yang memiliki kompetensi dan kapabilitas mumpuni.

“Kita ingin Pelatih yang profesional dan kompeten dalam menjalankan pendidikan kepramukaan di Denpasar. Kolaborasi antarsesama Pelatih sangat diperlukan, bersatu padu dibawah bendera Kepanduan,” tegas Lanang Jelantik.

Dirinya mengatakan, saat ini Kwarcab Denpasar tengah fokus pada pembinaan calon pembina Pramuka melalui penyelenggaraan Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML) dalam waktu dekat.

Sambil melihat potensi pembina yang sudah berkualifikasi KML untuk dirangkul dan dikirim mengikuti Kursus Pelatih Dasar (KPD) guna menambah jumlah Pelatih dan ikut membangun Kwarcab Denpasar menjadi lebih baik lagi.

Editor: Agus Pebriana