DIKSIMERDEKA.COM, LABUHANBATU, SUMUT – Bupati Labuhanbatu lakukan rapat persiapan pelaksanaan pemberangkatan calon jamaah haji Kabupaten Labuhanbatu tahun 2023 di Rumah Dinas Bupati, Padang Matinggi Kecamatan Rantau Utara, Kamis (25/05/2023).

Rapat yang dihadiri Asisten I Setdakab, Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu, PJU Polres Labuhanbatu, Kasatpol PP, Kepala Dinas Perhubungan, dan Kabag Kesra serta Kabag Kerjasama Setda Kab, membahas tanggung jawab transportasi oleh Pemkab Labuhanbatu.

Baca juga :  Bupati Erik Giatkan Gotong Royong Jumat Bersih 

“Transportasi perjalanan haji dari Asrama Haji Rantauprapat ke Asrama Haji Medan menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, keamanan dan kenyamanan calon jamaah haji menjadi prioritas dan lebih baik,” ujar Bupati Erik.

Pada rapat persiapan pemberangkatan calon jamaah haji ini, Bupati Erik Adtrada berulang kali mengingatkan kepada peserta rapat tentang kenyamanan dan keamanan dalam proses keberangkatan calon jamaah haji termasuk keamanan dan kenyamanan keluarga yang mengantar calon jamaah haji.

Baca juga :  Bupati Erik Cek Kesiapan Pasukan Ops Ketupat Toba 2023

Selain itu, Bupati Erik Adtrada juga memberi perhatian khusus terhadap kesehatan calon jamaah haji dan meminta Dinas Kesehatan untuk menyiapkan tim kesehatan sehingga dapat memberi layanan kesehatan mulai dari tingkat kecamatan.

Nantinya para calon jama’ah haji akan diberangkatkan dari Rantauprapat menuju Medan dengan menggunakan Kereta Api, dan ini merupakan pertama kalinya di Indonesia yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

Baca juga :  Bupati Erik Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi Pemda

Bupati Labuhanbatu yang memimpin jalannya pertemuan ini menyampaikan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan berkolaborasi dengan PT. KERETA API PERSERO yang diharapkan mampu memberi kenyamanan kepada calon jamaah haji dan berharap panitia pemberangkatan haji telah memiliki save plan demi kenyamanan yang dimaksud.

Nantinya sebelum pelepasan, para calon jamaah haji akan diupah-upah dan diberikan tepung tawar oleh Bupati Labuhanbatu.