Di tengah upaya pemulihan ekonomi, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan dan Badan Koordinasi Penanaman Modal meluncurkan Platform Digital Forum Bisnis Indonesia-Amerika Latin dan Karibia (INA-LAC) 2020 untuk mendukung pengusaha tingkatkan ekspor ke wilayah Amerika Latin dan Karibia pada Jumat (09/10/2020).

Mewakili Pemerintah Indonesia, KBRI Tokyo sampaikan komitmen Indonesia dalam menjamin aspek keberlanjutan kelapa sawit dan produk turunannya. Paparan tersebut disampaikan pada Working Group on Biomass Sustainability yang diselenggarakan oleh Jepang pada Kamis (17/09/2020). Indonesia menekankan bahwa penerbitan New ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil) yang dituangkan dalam Peraturan Presiden No. 44 Tahun 2020 merupakan bukti keseriusan Pemerintah Indonesia untuk menjamin aspek legalitas, aspek keberlanjutan, dan aspek transparansi biomassa kelapa sawit Indonesia.​

Perwakilan Indonesia di luar negeri senantiasa mendukung peningkatan perekonomian Indonesia dan negara akreditasi dengan berbagai cara, diantaranya mendukung Diaspora Indonesia mengembangkan bisnisnya yang berkaitan erat dengan Indonesia. KJRI Houston sambut inisiatif baik Inta Bozkurt dan Happy Posey dalam pengembangan usaha Etoobai dan Aveza (28/09/2020).

Kementerian Luar Negeri secara konsisten dorong para pelaku usaha untuk tembus pasar Amerika, termasuk pasar Argentina, Paraguay dan Uruguay. Mengundang narasumber-narasumber mumpuni, Kementerian Luar Negeri selenggarakan seminar daring “Potensi Bisnis Indonesia dengan Argentina, Paraguya dan Uruguay” membahas tantangan dan solusi menembus pasar potensia tersebut (04/09/2020).

Masyarakat Indonesia selama ini lebih mengenal Brasil melalui sepakbolanya. Kenyataannya lebih dari itu, potensi bisnis Brasil juga sangat menjanjikan. Dalam rangka mendorong para pengusaha Indonesia membidik pasar Brasil, Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Learn Business Anywhere dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) selenggarakan seminar daring bertema “Menggali Potensi Bisnis Indonesia-Brasil” (28/08/2020).

Sebagai salah satu langkah strategis untuk menarik investasi, relokasi maupun diversifikasi perusahaan multinasional Jepang ke Indonesia, Indonesia melalui Perwakilannya di Tokyo bekerja sama dengan Japan Indonesia Association (JAPINDA) selenggarakan kegiatan seminar daring investasi bertajuk “Indonesia in the New World Economic Paradigm: Your Best Investment Destination” (25/08/2020).

Pandemi COVID-19 semakin membuka peluang UMKM Indonesia untuk merambah penjualan secara daring atau melalui ekosistem e-commerce bahkan hingga ke luar negeri. Hal tersebut mengemuka saat Focus Group Discussion daring bertajuk “Peluang dan Tantangan Peningkatan Ekspor Produk UMKM ke Kanada” yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) (24/08/2020).

Produk-produk unggulan yang dipromosikan telah diimpor oleh 10 (sepuluh) perusahaan di Amerika Serikat dan dipasarkan secaradaring. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di segmentasi pasar bisnis eceran (retail) maupun grosir (wholesale). Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membuka networking dan kesempatan berbisnis bagi para partisipan.