DIKSIMERDEKA.COM, BADUNG, BALI – Pemerintah Desa Darmasaba, Abiansemal, Badung menggelar Darmasaba Village Festival guna mengakomodasi potensi seni generasi muda desa setempat, Rabu (24/11/2022) bertempat di komplek Perumahan Darmasaba Permai.

Acara diisi dengan berbagai perlombaan, mulai dari lomba membuat Penjor yang diikuti oleh Seka Teruna Teruni (STT) sampai lomba paduan suara, hiburan serta banyak stand Industri Kecil Masyarakat (IKM) perwakilan tiap-tiap banjar.

“Potensi tiap banjar itu harus muncul, jadi kita siapkan masing-masing banjar itu ada dua stand, tapi mereka juga bisa memanfaatkan stand itu untuk kolaborasi di Banjarnya,” kata Perbekel Desa Darmasaba, Ida Bagus Surya Prabhawa ditemui di sela-sela pembukaan acara, Kamis (24/11/2022).

Lebih lanjut, Ida Bagus Surya mengatakan festival ini bukan hanya tentang panitia atau pemerintah desa  melainkan dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat.

“Saya rasa pemuda nantinya kalau ingin membuat kegiatan yang sifatnya hiburan, ulang tahun karang taruna dan lain-lain akan bisa memanfaatkan ini. Setelah ada penataan ini akan ada banyak kegiatan masyarakat yang bisa dilakukan ditempat ini, jadi itu sebenarnya outcome yang kita inginkan,” ujarnya. 

Selain seni dan perlombaan, di hari kedua rangkaian acara festival ini, terangnya lebih lanjut, juga diisi dengan pelayanan samsat keliling, pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP), sampai talk show kesehatan, dan kewirausahaan.

“Apa yang masyarakat butuhkan kita juga sediakan disini, bukan hanya sekedar acara hiburan saja, karena nanti ditempat ini juga akan ada sosialisasi kesehatan, peningkatan  entrepreneurship, tempat ini mau kita jadikan semacam one stop service dalam tiga hari,” jelas Ida Bagus Surya. 

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Festival Desa Darmasaba, Wayan Agun Adi Putra mengungkapkan kegiatan ini diinisiasi oleh semua unsur masyarakat, mulai dari senimannya, pelaku usahanya, dan stakeholder setempat.

“Tiang sendiri selaku yang mewakili masyarakat mengajukan usulan dari masyarakat tersebut, astungkara pemerintah desa mensupport usulan tersebut,” ujarnya.

Penyelenggaraan festival ini, katanya, merupakan keinginan dari masyarakat, termasuk kesuksesan dari penyelenggaraan festival ini juga tidak terlepas dari peran dan andil masyarakat.

Reporter : Komang Adi Saputra
Editor : Sintya Gayatri