DIKSIMERDEKA.COM, JAKARTA – Anggota Komisi IV DPR RI Muslim memberikan dukungan terhadap program jangka panjang Kementerian Pertanian dalam mengembangkan modernisasi sektor pertanian atau alsintan (alat mesin pertanian) yang lebih terukur. Kemajuan tersebut diharapkan mampu berdampak langsung terhadap kesejahteraan petani di seluruh Indonesia. Selain itu, Kementan juga perlu mengembangkan SDM pertanian dan menumbuhkembangkan wirausahawan muda untuk menciptakan peluang bisnis yang lebih luas di sektor pertanian.

“Salah satu program yang perlu mendapat dukungan bersama adalah menumbuhkan wirausahawan muda agar terus berkembang dan menciptakan peluang bisnis yang sangat luas. Program tersebut, bisa menimbulkan manfaat besar bagi kemajuan pertanian nasional,” ujar Muslim saat Rapat Kerja Komisi IV DPR RI dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (14/9).

Meski demikian Muslim menilai Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan sudah cukup mampu merancang program pertanian dengan baik. Namun, implementasi dari program yang sudah direncanakan dengan baik itu harus dikawal agar sesuai dengan perencanaan yang ada. “Saya melihat BPPSDMP sudah sangat bagus sekali untuk merancang program pertanian kedepannya. Karena program ini menyentuh langsung ke anak muda yang semangat ingin terjun ke dunia pertanian,” kata Muslim.

Di lain hal, legislator asal Aceh ini berharap BPPSDMP mampu menambah dan meningkatkan kemampuan para penyuluh pertanian, terutama di pelosok. “Yang perlu menjadi perhatian juga, pendamping atau para penyuluh di daerah-daerah pelosok yang sulit dijangkau ini perlu ditingkatkan kemampuannya. Langkah ini perlu dilakukan agar petani bisa mendapat pelatihan dalam peningkatan kesejahteraan,” pungkas politisi F-PD ini. (*/sin)