DIKSIMERDEKA.COM, KARANGASEM-BALI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem bergerak cepat mengatasi permasalahan kekeringan yang dialami oleh masyarakat Karangasem, khususnya di Desa Datah. Upaya ini dilakukan dengan men-droping air bersih guna memenuhi kebutuhan warga sehari-hari.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan, hingga Minggu 18 Oktober 2019 distribusi air bersih dari BPBD Karangasem sebanyak 420.000 Liter.

Baca juga :  Wagub Cok Ace Sikapi Penipuan Money Changer di Bali

“Pendistribusian hari ini memenuhi 4 titik cubang umum dengan total distribusi air bersih 20.000 liter untuk 135 KK. Semoga dapat membantu masyarakat yang mengalami krisis air bersih,” jelasnya, Selasa (18/10/2019).

Sebagaimana diketahui, musim kemarau panjang yang terjadi telah mengakibatkan debit air sungai semakin sedikit, bahkan ada yang mati total di beberapa wilayah Karangasem yang terkenal wilayahnya tandus dan kering. Warga masyarakat makin sulit mendapatkan air bersih.

Baca juga :  Bali Raih Penghargaan Response Rate Tertinggi Pertama dalam Sensus Penduduk Online 2020

Pendistribusian air bersih tersebut merupakan salah satu program Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri untuk menolong warganya mendapatkan air bersih dan sehat disaat kemarau panjang seperti ini. Sesuai dengan permohonan, warga dari Desa setempat merasa sangat tertolong dengan adanya bantuan penyaluran air bersih dari BPBD Karangasem ini. (*/dk)