by

Pemerintah Pusat Akan Kembangkan Pulau Lembeh jadi Destinasi Wisata Populer

DIKSIMERDEKA.COM, SULUT – Pulau Lembeh di Sulawesi Utara (Sulut) menjadi satu lagi spot objek wisata yang potensial untuk menarik wisatawan datang ke Sulut, meski tak sepopuler Bunaken yang telah dikenal hingga mancanegara, Pulau Lembeh memiliki pesona yang dapat menarik wisatawan datang ke sana apabila dikembangkan dan ditunjang dengan sarana prasarana dan infrastruktur yang memadai.

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya, Kamis 4 Juli 2019, kemarin, nama Pulau Lembeh beberapa kali sempat disinggung oleh Presiden dan jajarannya.

Bahkan saat memberikan keterangan kepada jurnalis, Presiden memperlihatkan pesona Pulau Lembeh yang memiliki keindahan pantai, resor, dan titik selam yang indah tersebut.

“Latar belakangnya biar Pulau Lembeh. Dari kemarin ini ngomong Pulau Lembeh, sekarang sudah tahu kan?” ujar Presiden kepada para jurnalis dengan nada bertanya sebelum.

Presiden Joko Widodo beserta rombongan diketahui menyambangi Pelabuhan Samudera, Kota Bitung. Kota Bitung merupakan lokasi terdekat untuk menuju Pulau Lembeh pada Jumat, 5 Juli 2019.

Presiden mengatakan untuk meningkatkan akses menuju kawasan yang akan dikembangkan menjadi destinasi wisata populer baru Sulawesi Utara tersebut pemerintah pusat hendak membangun jembatan yang menghubungkan daratan Kota Bitung dengan Pulau Lembeh.

Hal ini lantaran jembatan menjadi infrastruktur yang penting untuk dibangun guna memudahkan wisatawan yang ingin menjejakkan kaki di Pulau Lembeh yang harus melalui penyeberangan feri dari pelabuhan yang dikunjungi Presiden ini.

“Tahun depan jembatannya (dibangun) dimulai dari sini ke Lembeh. Nanti pariwisatanya akan hidup dan industrinya hidup,” kata Presiden.

Nantinya, jembatan yang direncanakan dibangun sepanjang 1 kilometer tersebut akan membelah Selat Lembeh yang berupa perairan sempit tempat hilir mudiknya kapal. Jembatan tersebut nantinya juga akan terhubung dengan jalan tol Manado-Bitung yang ditargetkan oleh Presiden Jokowi untuk selesai pada tahun depan.

Presiden Joko Widodo juga berupaya meyakinkan masyarakat yang belum mengenal Lembeh mengenai indahnya pulau tersebut. Menurutnya, pulau yang juga menjadi lokasi terbaik bagi para penyelam dan pecinta fotografi bawah laut itu dapat menjadi salah satu alternatif destinasi wisata di Sulawesi Utara.

“Ini juga menjadi salah satu alternatif yang bisa dilihat. Bagus lo. Bawah air lautnya cantik juga,” tuturnya. (*/gama)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed